Senin, 20 Februari 2012

Makan Ikan Teratur Bisa Cegah Kanker Usus

Sumber : detikFood


Makan Ikan Teratur Bisa Cegah Kanker Usus Selain lezat dikonsumsi, ikan juga kaya nutrisi. Sejak dulu, riset telah membuktikan bahwa hewan air ini baik bagi kesehatan. Ternyata, riset terakhirjuga mengungkap khasiat ikan untuk mencegah munculnya sel kanker usus.

Tim peneliti mengamati kebiasaan makan lebih dari 5.300 orang yang datang untuk colonoscopy (pemeriksaan usus dengan kamera yang dimasukkan ke tubuh). Hasilnya, para wanita yang makan ikan 3 kali seminggu berisiko memiliki polip 33 persen lebih rendah. Polip adalah pertumbuhan jaringan yang menumpuk di usus besar. Polip dapat berkembang menjadi kanker.

Para peneliti percaya bahwa kandungan omega 3 dalam ikan berfungsi mencegah pertumbuhan polip karena sifat anti-peradangannya. Namun, efek yang sama tidak berlaku pada pria. Para peneliti berspekulasi bahwa laki-laki kurang sensitif terhadap omega 3, sehingga mereka perlu mengonsumsi ikan dalam jumlah yang lebih besar untuk mendapatkan manfaat yang sama seperti wanita.

Perlu penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah asam lemak omega 3 benar-benar mengurangi risiko kanker kolorektal. Bagaimanapun juga, ada baiknya mulai menambah konsumsi ikan dari sekarang karena ikan merupakan sumber protein rendah lemak.

Berdasarkan artikel yang terdapat di Women's Health, sumber omega 3 terbaik bisa didapat dari salmon liar Alaska. Namun, hewan laut lain seperti ikan kakap, kerang, dan udang juga baik untuk kesehatan. Selain dalam ikan, omega 3 juga ditemukan dalam almond, sayuran hijau, dan flaxseed.

Omega 3 telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan mood, dan bahkan mencegah kulit kering. Untuk mendapatkan manfaat optimal, konsumsi juga suplemen minyak ikan sekali sehari. Alternatif lainnya adalah produk rumput laut.Riset ini dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition.

3 komentar:

  1. Deep Sea Fish Oil Softgel (EDSF) adalah produk kesehatan yang diproduk oleh PT Green World yang menggunakan bahan - bahan alami dengan teknologi canggih yang sudah bertaraf international dan sudah mendapatkan legalitas resmi yaitu POM RI TI144 3074 961 dan sudah bersertifikat HALAL dari MUI dan menjadi obat kebas pada tangan dan kaki yang sangat direkomendasikan oleh banyak orang. Obat Kebas Pada Tangan dan Kaki

    BalasHapus
  2. Bismillah...saya akan berikan rekomendasi bagi yg mau brobat ke untuk penyakit kanker usus coba hub dokter yusuf...semoga bisa sembuh dengan cepat..HP beliau 0853-6167-5232.saya merekomendasikan beliau karna salah satu keluarga kami ada yg kena kanker sudah setadium 3 bisa sembuh setelah brobat rutin dengan beliau.

    BalasHapus