Senin, 20 Februari 2012

Tubuh Sehat Tak Bisa Dilihat dari Gendut atau Kurus

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

img
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
    Kesan tidak sehat selalu muncul saat melihat orang yang kelebihan berat badan. Padahal sehat atau tidaknya seseorang tidak bisa dilihat hanya dari bentuk dan berat badannya saja, melainkan lebih ditentukan oleh komposisi tubuhnya.

Ada banyak faktor yang menentukan bentuk tubuh seseorang, salah satunya faktor genetik yang memang sulit diubah. Faktor ini membuat sebagian orang selalu kurus dan sebagian lainnya selalu gemuk, meski mungkin porsi makanan yang dikonsumsinya selalu sama.

Pada dasarnya selama komposisi otot dan lemak tubuhnya seimbang, maka bentuk dan berat badan tidak akan terlalu besar pengaruhnya bagi kesehatan. Hanya saja dalam kenyataannya, orang gemuk biasanya memiliki komposisi lemak yang lebih tinggi sehingga cenderung tidak sehat.

Namun bukan berarti orang kurus selalu lebih sehat, sebab banyak juga yang dari luar tampak kurus ternyata kolesterolnya tinggi. Apalagi jika badannya kurus tetapi perutnya buncit, risiko untuk mengalami gangguan metabolisme justru lebih besar karena ia mengalami obesitas sentral.

Seorang motivator hidup sehat, dr Phaidon L Thoruan, MM mengatakan tubuh manusia memiliki 4 komponen yang mempengaruhi bentuk tubuh. Dari keempat faktor tersebut, 2 di antaranya sangat dipengaruhi faktor genetik sehingga sulit diubah yakni tulang dan organ dalam.

Meski begitu, ada 2 komponen lain yang lebih mudah dimodifikasi untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal yakni lemak dan massa otot. Komposisi keduanya dipengaruhi banyak faktor, antara lain kondisi hormon, jenis makanan yang dikonsumsi dan juga aktivitas fisik.

"Coba cari di internet foto Ade Rai waktu masih kecil. Dulu bahunya sempit karena memang struktur tulangnya demikian. Bandingkan dengan sekarang, bahunya bisa lebar karena ditimbun otot," kata dr Phaidon saat dihubungi detikHealth, Rabu (25/1/2012).

Komposisi atau perbandingan antara lemak dengan massa otot di dalam tubuh menurut dr Phaidon lebih mempengaruhi kesehatan dibandingkan hanya melihat berat badannya saja. Ia kembali mencontohkan binaragawan Ade Rai, yang badannya pasti sangat berat tetapi tetap sehat karena komposisinya bagus.

Untuk menjaga komposisi lemak dan otot agar selalu seimbang, dr Phaidon menganjurkan agar pola makan yang sehat selalu dijaga. Selain itu juga harus didukung dengan olahraga, karena aktivitas fisik akan membantu membakar kelebihan kalori agar tidak ditimbun sebagai lemak.

Sedangkan untuk mengukur komposisi otot dan lemak tubuh dengan akurat, diakuinya memang tidak mudah untuk dilakukan di rumah karena alatnya cukup mahal. Namun bagi yang rajin berkunjung ke tempat fitness, alat penghitung komposisi tubuh biasanya tersedia dan bisa digunakan secara gratis.

7 komentar:

  1. Balasan
    1. Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan putih tanpa tumbal dan akhirnya saya bertemu dengan Kyai Sukmo Joyo. Kata pak Kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5milyar dengan tumbal hewan. Tanpa pikir panjang semua petunjuk pak.kyai saya ikuti dan hanya 1 hari. Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya. Saya menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 0823.9998.5954 situsnya www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan

      Hapus
  2. Obat Kanker Rahim Alami Terbaik
    http://www.curhatbidan.com/artikel/id/434/aplikasi-ini-dapat-mendeteksi-kualitas-kesuburan-sperma-pria-

    BalasHapus
  3. Bahaya Tidur Menggunakan Bantal pada Bayi Baru Lahir

    Obat Herbal Miom Alami dan Paling Ampuh

    Bagi Anda yang sedang mengalami keluhan penyakit miom segera diatasi baik dengan cara alami atau dengan pengobatan medis seperti operasi namun pada umumnya dokter pasti akan memberikan obat, jadi alangkah baiknya jika Anda mengkonsumsi obat herbal miom alami dan paling ampuh.

    BalasHapus
  4. Cara Mengecilkan Ukuran Miom Secara Alami

    Miom merupakan penyakit yang hanya menyerang wanita saja dan penyakit ini bisa menyebabkan wanita yang sedang menjalankan program kehamilan menjadi terhambat karena miom bisa mengganggu kelancarkan proses kehamilan yang sedang Anda jalankan. Maka dari itu miom harus segera ditangani.

    BalasHapus
  5. Penyakit jantung bocor memang jika dibandingkan dengan orang dewasa, lebih banyak menyerang anak - anak.Oleh karena itu, Anda harus memilih pengobatan yang tepat untuk anak Anda agar penyakit jantung bocor yang mereka alami bisa sembuh Obat Jantung Bocor Anak Alami dan Ampuh

    BalasHapus
  6. 3 Perbedaan Antara Radang Payudara Dan Kanker Payudara
    5 Jenis Makanan Berbahaya Untuk Penderita Leukosit Tinggi
    Penyebab Dan Gejala Kista Coklat
    The interesting information and thanks have allowed us to comment, hopefully the information we convey is also useful, do not forget to visit our website

    BalasHapus